FPS

Atonement

Posted in Film by FITRIA PERMATA SURI on August 2, 2008

Malam Minggu harusnya jadi malam dimana pasangan muda mudi menghabiskan waktu bermesraan.. tapi aku justru tetap berada didalam kamar menonton dvd yang telah kusewa,.. tapi setidaknya film Atonement buat hariku menjadi tidak sia-sia. Film yang sangat bagus!!!

Atonement, film yang cukup sukses pada BAFTA awards 2007 lalu, akhirnya aku tonton juga. Cerita dimulai tentang Briony Tallis, seorang anak perempuan 13 tahun yang berbakat menulis. Ia yang masih kecil dan belum begitu paham antara benar dan salah telah merusak jalan hidup kakak perempuannya, Cecilia (Keira Knightley) dan kekasih kakaknya, Robbie (James McAvoy), yang seharusnya bisa bahagia menjadi tragis. Briony menuduh Robbie sebagai pemerkosa sepupunya dengan Briony memberikan bukti-bukti palsu, mengakibatkan hidup mereka bertiga berubah selamanya Briony terus mencari pengampunan atas kejahatan masa kecilnya. Dengan keberaniannya, ia mencoba mendapatkan pengampunan dosa dan memahami makna cinta sejati sesungguhnya Diangkat dari novel karya Ian McEwan..

Tuduhan yang datang akibat keluguan bercampur emosi dari anak berumur 13 tahun yang belum mengerti apa-apa. Tapi semua orang percaya dan Robbie akhirnya dipenjara. Selain ibu Robbie, hanya Cecilia yang percaya bahwa Robbie tak bersalah, sejak itu hubungan Cecilia dengan Briony memburuk.

Nasib Robbie yang seharusnya punya masa depan cemerlang, akhirnya malah dipenjara. Kemudian ia ditawarkan menjadi tentara kelas bawah atau tetap dipenjara. Robbie memilih jadi tentara. Cecilia dilain pihak menjadi perawat. Mereka bertemu sebelum Robbie berangkat kemedan perang. Mereka sepakat untuk menikah jika perang berakhir.

Begitu tumbuh remaja dan mulai paham bahwa ia telah membuat kesalahan fatal, Briony akhirnya melakukan suatu permohonan ampun, bukan pada Cecilia dan Robbie, karena ia tak berani menampakkan muka pada mereka, tapi sebuah penembusan dosa dengan cara membuang cita-citanya masuk universitas Cambridge dan menjadi perawat tentara. Mungkin ini caranya untuk minta maaf pada Robbie dan kakaknya, cee.

Satu pesan yyang disampaikan disini dan dikemas menarik diakhir acara, ketika Briony waktu itu syuting acara perilisan Novel nya yang ke 21 berjudul “Atonement”, dia mengakui bahwa kenyataan yang sebenarnya tidak disampaikan seluruhnya didalam novel. itulah sebabnya mengapa baginya susah untuk menyelesaikan novel yang justru dianggapnya malah sebagai novel pertama nya (padahal novel terakhir), karena menceritakan tg dirinya sendiri. Kakaknya, Cecilia sebenarnya telah meninggal waktu Perang di pengungsian kereta api bawah tanah dan Robbie meninggal di hari terakhir masa perang dan pengembalian tentara ke negara asal. Tetapi pembaca novel tentunya juga tidak akan mungkin puas dengan kenyataan yang seperti itu. Kemudian sebagai hadiah juga kepada Cecilia dan Robbie sebagai pengampunan dosa, maka Briony memberikan kebahagiaan yang seharusnya mereka dapatkan di dalam novel tersebut bahwa mereka memiliki kehidupan yang berakhir happy ending di rumah yang telah mereka impikan.

Tagged with:

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. DJ adhit said, on August 5, 2008 at 3:12 pm

    wahh..sebuah film yang bagus bgt…sama dengan yang nulis blog ini.punya selera film yang tinggi. gak salah deh kklo jadi penyiar Hard Rock Fm Bali…
    tapi ngomong-ngomong boleh dong sharing masalah BROADCAST…

  2. fitria878 said, on August 5, 2008 at 3:53 pm

    hehe makasih..bolehhh donk kita share apapun itu..silahken atuh..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: